Sejarah Mars STM Pembangunan

Sudarto (nomer 2 dari kiri) saat penyerahan hadiah pemenang lomba (29 Juni 1975)

Setiap alumni yang telah lulus, sesekali akan teringat akan kenangan saat masih menimba ilmu di almamaternya. Begitupun sebagai alumni STM Pembangunan, saya pun terkadang teringat akan masa-masa di sekolah Stemba. Dan peristiwa yang paling membekas adalah saat wisuda kelulusan (tahun 1996), dimana hal itu adalah wisuda pertama dan terakhir saya karena selepas dari Stemba tidak lagi meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi.

Untuk itu postingan kali ini saya ingin menulis tentang lagu yang sangat populer semasa di Stemba, yaitu "Mars STM Pembangunan". Sungguh sulit sekali mencari artikel asal mula lagu mars Stemba ini, karena mungkin para alumni tidak terpikir bahwa lagu mars ini bisa membuat kangen bila kita sudah menjadi alumni sekian lama. Tapi beruntunglah saya menemukan blog alumni Stembayo (Yogya) angkatan pertama yang mengupas tentang mars Stemba, meski sayang tidak ada file MP3, MP4 atau video sehingga tidak bisa mendengar lagu mars yang kami nyanyikan saat penerimaan siswa baru dan wisuda tersebut.

Sejarah Mars STM Pembangunan

Dalam rangka memperingati Lustrum Pertama STM Pembangunan Yogyakarta mengadakan Lomba Cipta Lagu Mars dan Logo STM Pembangunan. Hasil lomba lagu dipilih lagu mars ciptaan Sudarto untuk direvisi dan dijadikan sebagai Lagu Mars STM Pembangunan Yogyakarta.

Berikut ini adalah copy SK Dewan juri Lomba Cipta Lagu Mars STM Pembangunan Yogyakarta :


SK Dewan Juri [klik untuk memperbesar gambar]

Teks Lagu Mars STM Pembangunan karya Sudarto [klik untuk memperbesar gambar]

Pada saat upacara bendera hari Senin, 19 Januari 1976, di lapangan STM Pembangunan Yogyakarta, Kepala Sekolah Drs. Soetarman selaku Pembina Upacara menyampaikan amanat, diantaranya sebagai berikut:

"Dalam wisuda pertama lulusan STM Pembangunan seluruh Indonesia di Gedung Convention Hall Jakarta, wakil dari STM Pembangunan Yogyakarta mendapat kehormatan tampil menyanyikan Lagu Mars STM Pembangunan dipimpin oleh Sentot dari jurusan Kimia. Penampilan koor Mars STM Pembangunan tersebut mrndapat sambutan meriah dari seluruh hadirin, dan aplause dari bapak Menteri. Acara wisuda itu dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beserta jajarannya, para pimpinan perusahaan, utusan dari kelima STM Pembangunan (Yogya, Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Pekalongan), dan tamu undangan lainnya."

Kepala sekolah juga menerangkan, bahwa sejak saat itu Lagu Mars STM Pembangunan ciptaan Sudarto ditetapkan sebagai Lagu Mars STM Pembangunan seluruh Indonesia yang meliputi 5 sekolah, yaitu:

  1. STM Pembangunan Jakarta.
  2. STM Pembangunan Yogyakarta.
  3. STM Pembangunan Surabaya.
  4. STM Pembangunan Semarang.
  5. STM Pembangunan Pekalongan.

"...terima kasih kepada saudara Sudarto kelas IV Geologi Tambang..." ucap Drs. Soetarman menutup amanat, dan disambut tepuk tangan meriah seluruh peserta upacara.

(sumber: Buku Harian Sudarto)


Teks lagu tersebut digandakan dan dibagikan pada perayaan HUT ke 1 STM Pembangunan Yogyakarta, dan juga dibagikan pada haadirin dalam wisuda pertama lulusan STM Pembangunan di Gedung Conventional Jakarta.

Nah... begitulah sejarah tentang lagu mars STM Pembangunan, dari Stembayo untuk seluruh Stemba di Indonesia. Semoga menjadi pengetahuan tersendiri bagi para alumni Stemba yang membaca tulisan ini.

Source: http://marsstemba.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar